Sponsors Link

Apakah Akupuntur Bisa Menyembuhkan Syaraf Kejepit? Simak Jawabannya Disini

Sponsors Link

Akupuntur sebenarnya berasal dari bahasa latin yang artinya adalah menusuk. Apakah akupuntur bisa menyembuhkan syaraf kejepit, ini merupakan suatu teknik pengobatan yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum pada titik-titik tertentu di tubuh pasien.

ads

Teknik akupuntur ini sebenarnya sudah ada dan sudah dipraktekkan sejak ribuan tahun yang lalu. Teknik akupuntur ini dapat dijadikan sebagai penyembuhan alternatif bagi pasien yang mengalami berbagai penyakit termasuk penyakit saraf kejepit.

Metode Dalam Akupuntur

Ada beberapa jenis teknik akupuntur yang dapat dilakukan pada pasien agar pasien bisa sembuh dari gangguan macam-macam penyakit saraf. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan dalam teknik akupuntur untuk meredakan dan menyembuhkan gangguan saraf kejepit.

1. Mekanis

Akupuntur dapat dilakukan dengan teknik rangsangan mekanis. Rangsangan mekanis yang dimaksud disini ialah rangsangan yang dilakukan di titik-titik tertentu pada tubuh. Rangsangan pada beberapa titik tubuh ini dilakukan dengan menggunakan kekuatan mekanis misalnya seperti jarum atau akupreser. Penggunaan jarum pada teknik akupuntur disebut sebagai akupuntur murni. Pada akupuntur murni, jarum ditusukkan pada titik-titik tertentu di kulit agar penyakit pasien bisa mereda dan sembuh.

2. Thermis

Thermis pada akupuntur disebut juga dengan teknik rangsangan panas. Rangsangan panas atau thermos dalam akupuntur yaitu menggunakan moksa atau yang disebut dengan moxibustion. Moksa sebenarnya terbuat dari daun Artemisia vulgaris yang kemudian dikeringkan. Setelah itu daun ini dihaluskan dan dibungkus atau digulung dengan menggunakan kertas khusus hingga membentuk batang-batang silinder.

Itulah sebabnya mengapa bentuk moksa yang digunakan dalam akupuntur tersebut disebut dengan istilah moksa silinder. Adapun dalam ilmu akupuntur klasik disebutkan bahwa akupuntur dan moksa pada akhirnya menjadi suatu kesatuan ilmu yang bisa diaplikasikan pada pasien sebagai cara mengobati syaraf kejepit secara alami.

3. Listrik

Terapi akupuntur juga dapat dilakukan dengan menggunakan aliran listrik yang dihasilkan dari sebuah alat yang disebu tdengan elektro-simulator atau yang disingkat dengan ES. Rangsangan ES ini kemudian dialirkan pada tubuh pasien melalui jarum yang ditusukkan pada beberapa titik di tubuh pasien. Teknik ini disebut dengan elektro-akupuntur.

Namun terkadang rangsangan ES yang berasal dari listrik ini dialirkan pada tubuh pasien tanpa menggunakan jarum. Rangsangan ES ini bisa dialirkan pada tubuh pasien dengan menggunakan elektroda yang terbuat dari karet berkonduktor. Terapi akupuntur dengan teknik ini pun dipercaya dapat menjangkau saraf yang letaknya dalam.

Sponsors Link

4. Magnet

Magnet pada dasarnya mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Di antara kedua kutub tersebut selanjutnya akan timbul perbedaan potensial yang dapat menimbulkan medan listrik. Sistem inilah yang membuat teknik akupuntur semakin berkembang dengan menggunakan magnet. Bentuk magnet yang digunakan untuk terapi akupuntur ini menggunakan magnet bola bole dengan ukuran kecil.

Bola-bola tersebut kemudian ditempelkan pada titik-titik akupuntur dengan menggunakan plester sebagai bahan perekatnya. Dengan begitu maka bola-bola magnet ini akan berkerja dan meredakan penyakit pasien termasuk penyakit saraf kejepit.

Penggunaan teknik dalam akupuntur dapat diberikan oleh terapis sesuai kebutuhan pasien. Namun sebelum melakukan terapi akupuntur, jarum akupuntur yang akan digunakan harus dipastikan telah mengalami sterilisasi. Selain itu jarum akupuntur sebaiknya menggunakan jenis yang sekali pakai.

Hal ini berguna untuk menghindarkan pasien dari infeksi ataupun dari penyakit menular. Jika penggunaan jarum akupuntur dan peralatan lainnya sudah benar maka kemungkinan besar teknik akupuntur yang dilakukan pada pasien dapat memberikan hasil berupa cara menyembuhkan saraf kejepit seperti yang diharapkan oleh pasien.

Manfaat Akupuntur

Adapun seluruh cara yang dilakukan dalam teknik akupuntur tersebut memiliki kegunaan dan manfaat untuk kesembuhan beberapa penyakit, termasuk penyakit saraf kejepit. Beberapa manfaat dari apakah akupuntur bisa menyembuhkan syaraf kejepit tersebut yakni sebagai berikut. 

ads

1. Menggunakan peralatan sederhana.

Teknik akupuntur pada dasarnya menggunakan peralatan yang sederhana sesuai dengan kebutuhan pasien. Namun yang terutama dibutuhkan dalam akupuntur adalah jarum yang steril, alkohol 70%, dan kapas steril. Beberapa alat bantu juga dibutuhkan misalnya seperti pinset dan senter untuk membantu pemeriksaan pasien.

Selain itu peralatan pun disesuaikan dengan teknik akupuntur yang digunakan, apakah itu menggunakan teknik jarum klasik, atau moksa silinder, atau listrik dan magnet.

2. Meredakan nyeri.

Akupuntur dipercaya dapat dilakukan pada pasien dalam berbagai situasi klinis misalnya nyeri. Suatu penelitian pernah dilakukan dan menunjukkan hasil bahwa jarum akupuntur yang ditusukkan dengan tepat pada area tubuh tertentu dapat menghasilkan suatu sinyal. Sinyal tersebut akan bergerak di sepanjang tulang belakang menuju ke otak.

Pergerakan sinyal yang menuju otak ini ternyata memicu pelepasan neurotransmitter yang berupa endorphin. Neurotransmitter inilah yang dipercaya dapat meredakan nyeri. Selain itu, akupuntur cenderung melancarkan peredaran darah yang pada akhirnya dapat merangsang produksi zat penghilang rasa sakit termasuk rasa nyeri yang timbul akibat adanya gangguan syaraf kejepit di pergelangan tangan.

3. Mengendalikan peradangan.

Akupuntur tidak hanya dapat meredakan dan mengendalikan nyeri. Teknik akupuntur juga dipercaya dapat mengendalikan peradangan atau inflamasi. Hal ini dapat terjadi karena teknik akupuntur yang dilakukan pada pasien dapat menginduksi produksi kortisol. Kortisol inilah yang dipercaya dapat membantu mengendalikan peradangan. Sehingga teknik akupuntur ini dapat juga digunakan untuk meredakan penyakit peradangan yang menyerang pasien.

4. Mencapai hasil maksimal.

Keunggulan yang dimiliki akupuntur ini yaitu dapat menjangkau saraf saraf yang letaknya cukup dalam. Saraf-saraf yang letaknya dalam ini pun dapat dijangkau secara langsung dengan menggunakan jarum akupuntur. Penusukan jarum akupuntur juga memberikan dampak yang baik bagi organ-organ tubuh di sekitar area penusukan.

Organ-organ tubuh yang telah rusak dapat diperbaiki kembali serta dapat bekerja dan berfungsi dengan normal kembali. Hal ini pun menjadikan teknik akupuntur semakin dipercaya dapat memberikan kesembuhan dan kesehatan yang optimal. Dengan kata lain akupuntur ini merupakan teknik yang dapat dilakukan pada pasien agar pasien dapat memperoleh kesembuhan secara maksimal.

5. Resiko medis kecil.

Penggunaan terapi akupuntur pada pasien yang ingin mengalami kesembuhan ini sebenarnya tidak menimbulkan resiko serius apabila dilakukan dengan benar oleh terapis. Peralatan dan bahan yang dilakukan pada saat menjalankan teknik akupuntur pun harus dalam keadaan steril dan tak terkontaminasi sehingga tidak menimbulkan resiko penyakit pada pasien. Beberapa orang mengeluhkan rasa sakit setelah ditusuk-tusuk jarum pada proses akupuntur.

Namun rasa sakit ini biasa dialami dan tidak menimbulkan resiko lainnya. Rasa sakit ini pun sama dengan rasa sakit setelah disuntik. Tentunya selama syarat dan proses pelaksanaan terapi akupuntur dijalankan dengan benar maka resiko medis pun tidak akan terjadi.

Demikian ulasan singkat apakah akupuntur bisa menyembuhkan syaraf kejepit, termasuk apa saja yang menjadi metodenya beserta rangkaian manfaatnya. Penderita efek operasi syaraf kejepit bisa memilih teknik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dalam menjalani terapi akupuntur. Selain itu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menjalani terapi akupuntur apakah hal ini sungguh bermanfaat ataukah tidak.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Saraf Kejepit