Sponsors Link

3 Akibat Penyakit Parkinson Paling Berbahaya

Sponsors Link

Jika mengalami gejala awal parkinson, hal utama yang dikhawatirkan oleh penderita tentunya yaitu akibat penyakit parkinson. Hal ini karena akibat penyakit tersebut yang cenderung bermacam-macam dan dapat membahayakan kondisi tubuh. Oleh karena itu segala daya dan upaya dilakukan untuk mencegah timbulnya gejala parkinson. Sebagian bahkan berusaha untuk dapat pulih dari penyakit tersebut agar tidak timbul efek-efek pada tubuh yang tidak diinginkan. Walaupun terlihat sepele, namun akibatnya tidak boleh disepelekan. Berikut ini beberapa akibat penyakit parkinson yang bisa jadi cukup fatal:

ads

1. Penurunan Daya Ingat

Penderita parkinson beresiko mengalami penurunan daya ingat. Hal ini disebabkan karena fungsi saraf pada otak terganggu dan pemenuhan oksigen tidak tercukupi sempurna pada otak. Oleh sebab itu maka daya ingat akan mengalami gangguan. Sehingga penderita parkinson sebagai akibatnya beresiko mengalami gejala amnesia maupun gejala penyebab demensia lebih awal. Dapat berupa kehilangan sebagian ingatan maupun bahkan hilang seluruh ingatan.

Dapat pula gangguan pada saraf yang membuat seseorang lupa sesaat akan aktivitas yang telah dilakukan. Pada kasus tertentu bahkan dapat menimbulkan halusinasi akan sesuatu hal yang sebenarnya tidak terjadi. Sehingga untuk menghindari resiko ini sebaiknya berikan pengobatan secara teratur. Sehingga kemampuan saraf dapat kembali lebih maksimal dan dapat merespon dengan lebih baik.

2. Kegagalan Fungsi Saraf

Penyakit parkinson yang terutama akan menimbulkan gangguan pada fungsi saraf tubuh. Hal ini membuat tubuh tidak dapat merespon otak dengan baik karena otot tubuh mengalami penurunan dan saraf mengalami gangguan. Akibatnya maka anggota tubuh bisa jadi mengalami kelumpuhan yang tidak diinginkan. Di sisi lain kegagalan fungsi saraf juga akan memicu kelemahan seperti misalnya timbul stroke separuh badan. Bisa juga berupa tiba-tiba menjadi sering kejang tanpa sebab yang jelas seperti pada penyakit epilepsi.

Yang pasti fungsi tubuh akan mengalami penurunan yang tidak normal dan akan susah dikendalikan seperti layaknya pada orang normal pada umumnya. Karena itulah pengobatan pada penyakit parkinson wajib untuk dilakukan. Penyakit ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sehingga akibat ataupun bahaya yang dapat terjadi karenanya dapat dihindari semaksimal mungkin. Terutama jika mengakibatkan kelumpuhan pada anggota tubuh.

3. Trauma Otak

Akibat penyakit parkinson salah satunya yaitu dapat menimbulkan trauma pada otak. Seperti yang kita ketahui bahwa jaringan otak merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif. Sehingga jika otak terserang virus dapat dengan mudah mengalami trauma. Jika hal ini terjadi maka beresiko mengalami gejala gegar otak ringan maupun penurunan fungsi otak. Seperti misalnya lambat dalam merespon sesuatu atau tidak mampu berpikir layaknya orang normal seperti biasanya.

Karena resiko inilah maka penyakit parkinson sangat perlu untuk dicegah dari awal. Hindari faktor pemicunya dan segera obati jika mendapati gejalanya. Sehingga dengan demikian secara tidak langsung dapat melindungi otak dari resiko kerusakan atau penyakit yang lebih parah. Terutama infeksi pada otak dan sistem saraf di dalam pembuluh darah otak.

Demikian beberapa akibat penyakit parkinson secara garis besar. Jika salah satu kerabat kita menderita parkinson, sebaiknya segera bawa ke dokter yang tepat. Karena salah satu dari macam-macam penyakit saraf ini membutuhkan penanganan yang khusus agar tidak menimbulkan akibat yang lebih parah. Dengan penanganan teratur maka kondisi penderita diharapkan dapat lebih baik secara perlahan.

, ,
Oleh :
Kategori : Parkinson